Tuesday, January 02, 2007

Qurban

Bismillaahir rahmaanir rahiim,

Lebaran haji…..

Sabtu 30/12/06 kemarin ceritanya kita mudik ke kampung di Ciamis, rencananya mau hadir pada saat pemotongan hewan qurban.

Berangkat jam 7.30 pagi dengan rencananya mampir dulu di Bandung mau beli parfum palsu tapi asli atawa asli tapi palsu, masalhnya dari wangi dan warna persis aslinya, tapi murah….

Masya ALLAH, Bandung jalan Buahbatu the maceeeeeet banget, terus ke Jalan Banteng. Lokasi tokonya di jalan Banteng. Kurang lebih 3 jam nongkrong antri di jl Banteng, terus jalan lagi nerusin perjalanan. Maceeet lagi, walhasil sampe di Ciamis the jam 18:30 magrib, yang biasanya perjalanan antara 3 sampai 4 jam, jadi 11 jam, cape juga. Yang mudik cumin kita sekeluarga doang…..

Datang ke rumah Nini di Ciamis, kosong, nobody there. Kita tidur bertiga, istri, ponakan istri and I, sementara dua anak-anak tidur di Cilulut.

Esoknya, shalat Ied hari minggu diberkahi ALLAH dengan hujan rintik-rintik. Para ibu-ibu ada yang shalat di emperan baledesa dan sekolah.

Imam, Cucu puteranya Mang Akub Cilulut, chatib, mang Aceng Alinurdin. Anakku nggak ngerti chutbahnya, pake bahasa sunda.

Pemotongan hewan qurban dilaksanakan di Cilulut dengan mang Cucu sebagai jagalnya. Alhamdulillah lancar, jam 11 sudah selesai sampai ke pembagian daging qurbannya. Kabarnya ada 90 kg daging dan kurang lebih 90 kupon disebar di Citapen.

Saat qurban begini, suka ingat ibuku…

Beliau minta, sepeninggalnya katanya jangan dihentikan qurban di Cilulut ini, suka senang ngelihat urang Citapen berduyun-duyun katanya.

Insya ALLAH ibu, mudah-mudahan ALLAH melapangkan rezeki yang banyak, halal dan berkah untuk berqurban lagi tahun-tahun yang akan datang di Cilulut......

Malamnya, malam tahun baru - kita dirumah saja di Cilulut nonton tv. Nggak ikut hura-hura seperti orang kota. Kita tafakur saja, banyak musibah di negeri ini, jangan terus lupa sama DIA yang menghidupkan kita....

3 comments:

Herli Salim said...

Waduh ngiring bingah atuh, sok sing leukeun teraskeun kasaean Ua. Bagja...Insya Allaoh.
Mangga atuh.
HS

iwan said...

Sepi panginten nya Mang di bumi Nini ayeuna mah?
rasa na ge meureun beda nya?
Tapi kumpul di kertasari waktu Leberan na?

Salam sono

Herli Salim said...

Ang Dung...Kamana bae yeuh mani sepi kieu...
Sok atuh urang ramekuen deui...
Salam Melbourne!
HS