Tuesday, July 25, 2006

Ashabul Kahfi

Bismillaahir rahmaanir rahiim,

Ribuan tahun yang lalu, ALLAH (maaf, sesungguhnya tiap hari, tiap jam bahkan tiap detik, mutlaknya tiap saat – tanpa ada jeda sedikitpun) menunjukan kepada kita kekuasaanNYA. Yang ingin aku tulis disini adalah tentang kekuasaan ALLAH atas 7 orang muda yang diabadikan dalam Al Qur’an dalam surat Kahfi.

Yang aku tahu adalah, ALLAH itu maha sempurna, karenanya DIA juga maha konsisten, maha taat azas dan tentu saja maha teratur, karena pada hakekatnya semua yang ada di alam ini adalah milikNYA. Dalam kasus diatas, ALLAH telah “menidurkan” 7 orang manusia berikut 1 ekor anjing selama 300 tahun menurut hitungan tahun syamsiah atau 309 tahun menurut hitungan komariyah.
Kenapa aku beri catatan khusus atas kejadian ini ? Itu sungguh-sungguh menyedot akal dan hasratku atas kekuasaan DIA tentang peristiwa ini. Mudah-mudahan keingintahuanku yang ini tidak “kurang ajar”, maksudku tidak tabu mempelajari fenomena hal ini.

Seperti kusebutkan diatas, DIA ini maha konsisten, jadi apabila DIA melakukan sesuatu pasti urut-urutannya jelas dan konsisten. Misalnya, DIA menciptakan hujan, apapun hasilnya – hujan itu pasti, dan pasti, uru-urutannya adalah air (laut) naik ke angkasa karena panas matahari, kemudian berkumpul, digiring oleh angin (sesuai hukum, angin akan menggiring awan bakal hujan ke daerah yang yang tekanan anginnya kurang). Kemudian turun hujan. Begitu seterusnya. Juga semisal tentang air, hukum alam menentukan bahwa, air akan bergerak dari daerah yang lebih tinggi ke daerah yang lebih rendah. Tentu saja ada peurmpamaan lain yang lebih rumit yang tak bisa kupaparkan disini, yang jelas, ALLAH itu PASTI kekonsistenannya. Itu saja.

Dalam kasus yang 7 orang Ashabul Kahfi ini, mereka, atas kehendak dan kuasaNYA, dapat “tidur” atau ditidurkan olehNYA dalam kurun waktu yang sedemikian lama di dalam sebuah gua. Menurut nalar, apakah itu mungkin ? Tentu saja tidak, tapi kalau DIA berkehendak, apapun bisa terjadi! Kembali ke “apapun bisa terjadi”, konteks ini menurut pemahamanku adalah “apapun bisa terjadi” itu, yang pertama adalah mutlaknya kekuasaan dan kehendak ALLAH dan kedua adalah bahwa, kekuasaan dan kehendak tersebut selalu dalam jalur yang biasa, maksudku jalur yang baku untuk bisa terjadi sesuatu tersebut, istilah dunianya mungkin : berjalan diatas relnya. Konsisten menurutku pasti disini. Jelas ? Apa jadi tidak jelas atau poooosing ?
Kan sudah kubiang didepan bahwa, DIA itu maha konsisten dalam segala hal, jadi kalau hendak membuat sesuatu, jalurnya pasti baku.....

Aku terusin.
Nah, nyamannya 7 orang muda dan 1 anjing ini “tidur” di dalam gua, menurutku pasti kondisi didalam gua tersebut telah dibuat sedemikian rupa olehNYA sebelumnya sehingga mampu ke 7 orang itu berikut 1 anjingnya memiliki tubuh yang tetap segar, tidak menjadi tua dan hidup daam kurun waktu yang sedemikian lama (tentu menurut ukuran saat itu, karena jamannya nabi Nuh, beliau hidup dengan usia 1000 tahun). Kalau saja, ya kalau saja gua tempat para ashabul kahfi ini diketahui dimana, mungkin kita bisa pelajari susunan, bentuk, letak dan kondisi didalamnya sehingga mampu membuat keadaan seperti itu, masalahnya : dimana itu ?
Ada analogi yang sedikit berbeda dengan peristiwa itu, tentang pyramid! Konon, bila kita ada didalam suatu bangunan yang mana bentuk bangunan itu berbentuk seperti pyramid, apa-apa yang ada dibawahnya akan awet...

Pertanyaan yang menggelitik, karena ini mungkin menyangkut masalah kondisi alam yang sebagian besar dipengaruhi atau mempengaruhinya adalah bidang kimia, ada yang bisa bantu aku untuk menjelaskan ini, apakah fenomena ini demikian ?

9 comments:

Shinkansen said...

Mang Dudung.., kalo yg di pyramid itu tampaknya nggak begitu sulit untuk di tebak. Pyramid itu kan sebenarnya makam, dimana mayat-mayat yang ada di situ di awetkan (mummi ya..). Jadi di dalam pyramid tsb tentunya memiliki kadar bahan pengawet dengan konsentrasi yang besar. Bahan pengawet itu nggak akan hilang secara cepat karena sifat batu-batuan atau tanah yang memiliki kemampuan sebagai adsorbent (penyerap).

Tetapi tentang gua dalam riwayat Ashabul Kahfi tersebut, tentu sangat susah. Dalam Al-Qur`an berikut di dalam tafsir (Tafsir Ibnu Katsir Jilid 3), gua tersebut tidak di ketahui letaknya. kenapa Allah atau Rosulullah tidak memberitahu letak gua tsb?. Dalam tafsir di sebutkan bahwa karena hal tersebut tidak berguna secara syar`i atau tidak ada kemashalahatannya, itulah makanya Allah dan Rosul tidak meceritakan letaknya.

Dalam Alqur`an hanya di sebutkan bahwa 7 orang pemuda tsb di perlihatkan seolah-olah bangun, padahal mereka sebenarnya tidur. Di sebutkan pula, bahwa tubuh mereka di bolak balik ke kiri dan ke kanan. Ibnu Abbas mengatakan bahwa jika tubuh mereka tidak di bolak balik, niscaya mereka sudah di makan rayap. Satu hal lagi, mereka di tidurkan dalam gua yang lapang. dengan demikian, maka (dalam tafsir) di sebutkan bahwa sirkulasi udara akan baik, dan sinar matahari juga masuk sehingga tubuh mereka tidak rusak. Dari ayat2 tsb berikutnya juga tafsirnya, baik secara kimia ataupun biologi, lingkungannya menunjang untuk terjadinya kehidupan. Hanya saja perlu di tanya juga ke dokter, tentang efek tidur dalam waktu lama terhadap daya tahan tubuh.

Oh ya.., tentang anjing tsb, anjing itu TIDAK berada di dalam gua. ia ada di depan gua (pintu) dengan menjulurkan kedua kaki depannya. Bukankah, malaikat tidak akan masuk rumah yang dalamnya terdapat anjing?.

itu dulu Mang Dudung.., dan maaf kalo banyak salahnya. InsyaAllah, Sabar akan banyak belajar lagi.

urang kertasari said...

Alhamdulillah, bagus. Wawasan Mang Dudung kan setidaknya ber+ sekian banyak. dalam tafsir Ibnu Katsir yang menyebutkan bahwa alasan tidak diberitahukannya tempat adalah karena tidak ada kemaslahatannya itu, mungkin itu yang membuat para saintis islam tidak berani melanjutkan penelitiannya, padahal menurut Mang dudung bila hal ini diteliti, Insya ALLAH akan menambah keimanan kita kepadaNYA. Kata Mang dudung lho...
Mas Sabar,Mang Dudung pernah baca tulisan via email yang menyebutkan hasil penelitian tentang molekul air yg dilakukan oleh sarjana jepang, disitu disebutkan bahwa air itu sesungguhnya bisa "mendengar" dan "membaca". Bila kita memperlihatkan tulisan baik, apalagi asma ALLAH, si air akan merespon dengan perubahan molekul yang cantik sekali, sedangkan bila diperlihatkan hal yang jelek atau kita marah2 dan sumpah serapah, molekul air juga berubah jadi jelek sekali. Dari hasil penelitian, air yang paling sempurna molekulnya adalah air zamzam. Nah, jadi sesungguhnya hal-hal begini itu para saintis islam seperti luput gitu, kadang-kadang itu tadi takut dilarang sama agama karena daerh itu daerah gimana ya.... mang Dudung menyokong deh kalau Sabar melakukan penelitian yang rada radikal tentang ciptaan ALLAH di alam semesta ini. Mang Dudung itu suka sekali dengan kajian2 yang ilmiah.
Trims.

Shinkansen said...

Mang, sabar sempat membaca synopsis buku yang ditulis oleh Dr. Masaru Emoto dengan judul "the hiden message in water". Dan sabar pikir dia terlalu berlebihan atau mungkin bisa di katakan bahwa itu hanya imajinasi dia saja bahwa "air peka terhadap perasaan". Seperti yang dia tulis bahwa ketika di ucapkan kata setan, maka kristal air hancur, begitu juga ketika diperdengarkan musik metal, dan berbagai contoh2 lain yang sebenarnya "tidak masuk akal".

Sabar kan mencoba "menyanggah" tulisan2 dia berdasarkan experiment2 yang telah di lakukan oleh ahli kimia. Dan Maaf..mungkin ada istilah2 yang susah untuk di mengerti.

Molekul air (H2O) terdiri dari 3 atom (unsur) saja, yaitu 2 aton H dari hidrogen dan satu atom O - dari oksigen, dituliskan demikian sesuai stoikhiometri-nya (dari teori atom Dalton dan Neils Bohr, dan dari teori ikatan VBT-(valence bond theory) maupun MOT-(molecular orbital theory).

Namun dalam "life-science" kehidupan nyata yang sesungguhnya air itu merupakan molekul yang berupa "templat", sekaligus "cluster" yang sesuai dengan panjang jari-jari masing-masing atomnya dan jari-jari ikatannya dapat mempunyai bentuk geometrik tertentu (tetrahedral, heksagonal close packed-HCP dan dodekahedral close packed-DCP). Sehingga sangat dimungkinkan dapat mengalami "abnormality" yang disebut sebagai anomali air. Anomali air merupakan fenomena dimana bentuk geometri dan morphologi air tersebut akan berubah sebagai fungsi temperatur dari tetrahedral (bukan tetragonal) ke bentuk lain seperti heksagonal close packed-HCP atau Dodecahedral close packed-DCP. Dan anomali air pada umumnya terjadi pada temperatur dibawah 4 derajat celcius. Dalam keadaan padat ini, tiap enam molekul air bergandengan melalui ikatan hydrogen membentuk kluster bersegi enam (hexagonal). Tentu saja, morphology air akan kelihatan indah jika kluster bersegi enam ini di lihat dengan peralatan khusus, misalnya Scanning Electron Microscope (SEM). untuk lebih mudahnya coba lihat SNOW FLAKE...indah kan...Jadi nggak ada hubungannya dengan ucapan arigato dll. Jika dalam pada snow flake terdapat partikel pengotor, maka partikel tersebut menyebabkan kerusakan pada cincin segi enam sehingga tidak indah lagi untuk di lihat dan ini nggak ada hubungannya dengan musik metal atau ucapan setan seperti kata Dr. Emoto tsb.

Dimanapun air selama ini memiliki fenomena "YANG SAMA" seperti itu, dan jika kita cari diberbagai journal penelitian tentang air, maka akan ditemukan tidak ada kemajuan penelitian tentang itu kecuali modifikasi applikasi dan preparasinya.

Terbentuknya cincin hexagonal tersebut bersifat spontan pada suhu di bawah 4 derajat celcius. Dalam bukunya Dr. Emoto, menulis bahwa "Air murni dari mata air di Pulau Honshu didoakan secara agama Shinto, lalu didinginkan sampai -5 celcius di laboratorium, lantas difoto
dengan mikroskop elektron dengan kamera kecepatan tinggi. Ternyata
molekul air membentuk kristal segi enam yang indah". Hehehe..... di
situ di tulis air murni, lalu didinginkan sampai -5 celcius. Wajar
saja terbentuk kristal segi enam yang indah. Itu terjadi secara spontan....nggak perlu do`a agama shinto segala. Oh ya...air murni atau sering di sebut juga ultrapure water, memiliki kandungan metals dan bahan lainnya pada skala nano gram level atau lebih kecil, jadi nyaris nggak ada pengotornya, makanya bisa membentuk kristal yang sangat indah jika di didinginkan pada suhu di bawah 4 celcius.

Atau coba di lihat disini tentang ke indahan air:
www.its.caltech.edu/~atomic/snowcrystals/
primer/primer.htm

Herli Salim said...

Bagus nih 'sharing knowledge' nya. Memang umat Islam itu mesti menggali lbh dalam lagi apa yg ada di Al Qur'an. Jgn hanya membenarkan hasil penelitia org lain dan bilang ah... itu kan ada di Al Qur'an. Iya emang cuma kan mesti dijabarkan lagi, yg ada di Al Qur'an itu garis besarnya, membumikannya ya mesti dgn penelitian. De Sabar itu sekarang sdg studi bidang apa?

Shinkansen said...

Iya betul, Mang Aang..., Al-Qur`an itu untuk di pelajari, di pahami, dan di aplikasikan dalam kehidupan kita..(at least membacanya, *smile).

Oh ya.., bidang yang sabar pelajari memang tidak jauh-jauh dari kimia. yang utama berkaitan dengan " kimia material dan molekuler" dan sampingannya tentang "automatisasi system pengukuran dlm bidang kimia".

Kalo Mang Aang sendiri, bidang apa? cerita sedikit dong?

Herli Salim said...

Buat Sabar, Mang Aang itu ngajar di Universitas Pendidikan Indoensia Kampus Serang Banten, bidang yg digeluti sekarang adalah early years literacy education, bahasa sederhananya mah gimana tuh spy dpt ngentaskan buta aksara, wuih jauh-jauh ternyata cuma belajar " Kejar Paket A" . Itu paket belajar utk pemberantasan buta huruf yg ada di pendidikan masyarakat. Mang Aang emang ngajarin 'prospective primary schools' alias Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Bidang ini dulu yg banyak digeluti oleh Aki Haji Ujang (Maman), eh... ga terasa ko malah diteruskan sama Mang Aang. Itu kali 'garam itu ga pernah menetes ke atas' atau 'apel itu ga akan jauh jatuh dari pohonnya' ( kecuali dibawahnya ada kali... bakal jauh deh kebawa air... he..he..)
Bravo!

Anonymous said...

Looking for information and found it at this great site... » »

Anonymous said...

best regards, nice info Payne air conditioner filter hepa Tarsum skin care products Evening dress plus size women Roulette quote Best ways to increase credit score Turlington &aposs lower back tattoo removal webcam Kid holiday crafts and game Polka dot strapless dress white mountain ice cream makers mercedes s55 Integrate antivirus with checkpoint vpn-1firewall-1 interracial adoption morality Citibank student loan corp com online bill pay Plastic boat tote Bridal sweaters china replica handbags Islandic sweaters

Anonymous said...

http://www.markbattypublisher.com/jsp/buytramadol/#rx tramadol hcl tv 58 - tramadol tylenol interaction