Monday, August 14, 2006

Jalan - Jalan

He..he..he.. abis tiarap sekarang di bombardir dengan posting baru…

Lihat gambar diatas, itu foto lama, tahun 2001. Waktu itu perusahaan mengadakan gathering dengan model “jalan-jalan” naik kapal pesiar mewah “Star Virgo” yang melayani route Singapura sampai ke Pukhet (Thailand), tapi waktu itu kita ambil distination hanya sampai ke Kuala lumpur. Biasa jalan-jalan karena mencapai target tahun yang lalu. Semenara yang jalan-jalan sampai ke Pukhet aku lakukan di tahun 2004 lalu berdua sama temen.

Kita boarding “Star Virgo” di pelabuhan Singapura, kalau tidak salah berangkat sore hari, Rabu (atau Selasa) dan pulang hari Minggu. Gambar yang itu adalah saat kita mau turun di Port Klang, salah satu pelabuhan di Malaysia, kita disambut oleh “crew” kapal pesiar sambil “kudu” difoto dulu. Aku bilang kudu karena, biasa lah kayak di Jakarta, hasil jepretan tersebut ternyata “kudu”’ ya kudu lagi nih, kudu dibayar, harganya aku ingat SGD 20.- Mungkin yang lihat gambar ini akan kaget kalau aku katakan bahwa mereka itu adalah ..............WARIA bo......

Kapalnya memang mewah, saat pertama berangkat, yaitu gathering tahun 2001 lalu, aku dapat kamar dibawah, diatas permukaan laut sedikit, jendelanya juga kecil. Karena jendelanya kecil, ya kamarnya juga dapat kamar yang kecil, kelas ekonomi gitu. Maklum termasuk jajaran karyawan kelas ekonomi kali. Sementara kelas Direksi di balkon, kayak kamar hotel bintang 5, ada TV, kulkas dll.
Hebatnya itu kapal ketika jalan, kalau kita sedang dikamar yang kecil tadi, nggak terasa kalau kapal itu lagi jalan. Hening, tenang dan asyik gitu.Wah.. baru kalau kita keluar nengok dunia, kita berasa kalau kita lagi berjalan.
Kapalnya bersih, terawat maklum baru. Katanya yang punya itu pemerintah Singapura dan Genting Highlandnya Malaysia. Genting Highland Malaysia itu adalah suatu kawasan di Malaysia yang ada diatas bukit yang terpisah dari daratan Melayu, khusus kawasan ini bagaikan Las Vegas, maksudku kawasan ini adalah untuk berjudi! Untuk mencapai Genting itu harus pake kendaraan kereta gantung. Konon katanya yang boleh berjudi adalah orang-orang ras tertentu saja, masyarakat melayu tidak diperkenankan.

Kembali ke masalah “Star Virgo”, jangan tanya soal makanan, melimpah! Tapi kita harus extra hati-hati, masalahnya kalau kita sembrono bisa-bisa ada daging yang nggak boleh kita makan, eh.... masuk nyelonong tanpa permisi. Untung memang banyak temen-temen yang Chinese pada ngasih tahu kalau ini atau itu mengandung B2, jadi paling tidak kita selamat. Mangkanya kalau lagi iseng, jam berapa aja kita keliling aja lalu mampir deh di restorannya, makan sepuasnya.

Sekarang masalah daerah yang dikunjungi, Malaysia. Aku pergi ke Kuala Lumpur, melihat-lihat kotanya disana. Kecil ya? Tapi tertib dan bersih banget deh. Kita jalan-jalan di Twin Towernya Malaysia yang kesohor itu. Aku sebenernya jadi iri melihat negara jiran itu. Betapa tidak, negara itu begitu hebat menurut ukuran negeriku tercinta ini. Tertib, teratur, bersih dan punya “harga diri”. Malaysia tidak memerlukan bantuan IMF, bantuan Amerika sehingga karenanya dia juga berani menentang Amerika yang Fir’aun masa kini itu. Mereka tidak takut dan mereka melepas ketergantungan kepadanya. Kita? Nunut bae....
Pembangunan Malaysia sungguh mengagumkan, sekarang negara itu diperhitungkan dunia di dunia ekonomi, sunguh membanggakan. Income per Capitanya juga tinggi, jauh sama Indoneia raya ini, padahala dulu, waktu baru lepas dari Inggris, mereka itu bergurunya ke kita. Perguruan tinggi mereka itu dulunya berguru dari kita, dari para professor Gama katanya. Sekarang? Kayak terbalik deh....(tentang pergi yang kedua kalinya kesana nanti aku posting lagi lain kali, seru sampai ke Thailand. Aku bilang seru kenapa, ya karena jalan-jalan, nggak mikirin kantor he.he.he)

Singapura.
Untuk kali pertama aku menginjakan kaki di negeri ini setelah dari hari kehari, dari bulan kebulan dan dari tahun ketahun mendengar tentang bagusnya Singapura. Memang sih bersih kotanya, teratur, disiplin. Hukum berjalan semestinya walaupun sebagian penduduknya mengeluh dengan mengatakan negeri ini adalah negeri dengan julukan “fine city”, kota denda! Segala-gala denda, segala gala denda. Satu hal yang dibanggakan negara ini adalah, negara ini menjadi pusat perbelanjaan bagi daerah Asia Tenggara, tepatnya untuk belanja elektronik dan fashion. Menurutku lain tidak, itu saja. Cuman jangan sembrono beli disini, meraka tahu kalau kita datang dari Indonesia, kalau kita belanja di daerah pertokoan yang bukan mall, setingkat Tanah abang lah gitu, kita akan “dimakan” oleh mereka. Ditipu habis-habisan. Kadang mereka menantang perang mulut, kalau perlu mereka mengundang kita untuk berantem fisik. Bener lho. Tapi mereka berharap kita yang melakukan duluan, bukannya mereka. Kenapa? Karena kalau kita yang memukul duluan, urusannya penjara! Tanpa basa basi dulu, penjara aja masuk duluan, urusan belakangan.
Yang lebih memilukan adalah, pasar yang dituju adalah INDONESIA. Lucu ya, katanya negara kita ini lagi krisis, tapi memang kalau ada event-event khusus selalu diselaraskan dengan liburan di Indonesia. Jadi apapun namanya, Indonesia adalah kaya, wong mereka menganggap kita ini adalah potential buyer.

Yang lucu dan ngenes adalah, saat pulang ke negeri tercinta ini, hm….. begitu sampe di Bandara Cengkareng, didepan mata udah tampak lagi semrawut, debu, ketidak disiplinan, ojeg de el el yang bikin kepala ini puyeng……

41 comments:

Herli Salim said...

Negeri tercinta ini masih perlu penegakan hukum dari atas sampai ke bawah. Maksudnya dari orang gede sampai dengan orang kecil. Terus butuh konsistensi dalam penegakan hukum, inilah menurut hemat saya yg sekarang ini di Tanah Air tercinta ini masih perlu digalakan. Padahal, pada dasarnya orang kita ini sangat patuh, apalgi bila mereka lihat hukum itu ada di idola mereka, pejabat, tokoh masyarakat, semuanya kasih suri tauladan yang baik. Mengapa Islam demikian memukau? Karena pribadi Nabi merupakan representasi dari Al Qur'an atau contoh makhluk sejati yang diharapkan oleh Yang Maha Pencipta. Bila menengok kemajuan suatu bangsa apakah itu Singapura, Thailand, Jepang, juga Australia, maka akan kita lihat mereka menerapkan konsistensi pelaksanaan hukum. Hukum ditegakan dengan segala perangkatnya dan berlalku untuk semua warganya, tidak pandang bulu. Nah di kita itu orang berkecenderungan 'transgress'- menyimpang dari aturan, terus ' law encorfement' nya kurang, jadilah seperti sekarang ini... kacau...hampir semua sektor kehidupan.Padahal disini,Australia, gak hebat-hebat amat, dan gak unggul-unggul amat. Artinya saya tidak merasa terperangah dengan semua yang saya lihat. Konsistensi, disiplin, istiqamah kepada hal yg sudah kita rencanakan sejak awal itulah 'main key of success' What do you think?

urang kertasari said...

Tht's right bo, tapi masalahnya kan ente sekeluarge sudah lame tinggal disane. Aku rasa pemahaman ttg kebiasaan penduduk negerinya sudah mulai terserap sehingga kedisiplinan mereka sudah pula dijalankan. Akibatnya ya itu tadi, tidak terlalu terperangah, tidak merasa terlalu hebat amat karena dalam diri mu sekeluarga sudah menyatu dengan kondisi yang demikian, yang sudah teratur dan disiplin tadi. Indonesia? wow masih jauh banget. Kita menyatakan demikian karena kontras banget dengan keadaan yang baru saja dikunjungi, begitu pulang - kondisi terasa jauh banget dengan yang baru saja dialami. itulah bro...

Herli Salim said...

Ah nggak ko...lama disini aku malah rindu semua kesemrawutan itu. Disini hidup terlalu jenuh, monoton, kurang meriah gitu. Serba individualis, aku ingin pulang... Bapa malah bilang: "jangan betah tinggal di Melbourne, masih baik hujan batu di negeri sendiri, dari pada hujan emas di negeri orang" Nah berarti, aku ini tetep saja rindu akan semuanya itu, segalanya... aku memang bagian dari lingkungan itu. So, my dear brother...just enjoy it and reduce your complints...he...he... Sabar ? ck...ck...nih yg lagi studi...c'mon man...relax, you'll get old faster!

urang kertasari said...

Memang suka terbalik ya, yang semrawut ingin bener, yang sudah bener "rindu" semrawut. Puyeng...

Herli Salim said...

He...he...maksudku 'meskipun disana itu semrawut,acak adut, wah pokoknya segala hal yg agak-agak negatif lah... tapi itu tetep dirindu. Bener ko...hidup disini kering, ga ada kemeriahan, kaku, sepi, ...ga ada yg jualan baso di pingir jalan...atau te...sate... malam hari. Jam 19.00 mobil angkutan umum sudah sulit, super market hanya buka di daerah tertentu, ada yg buka jauh di city ga praktis kaya di Indo. Gitu lo bro maksudku... Masih puyeng? ...Coba saja kesini rasakan kejenuhan disini. Ayo kapan?

urang kertasari said...

Itu karena penduduknya dikit, coba kalau banyak kayak di tempat "semrawut". Sama nggak ya ?
Tapi yang pasti, ike teh pingin banget masyarakat ini teratur, hidup sesuai dengan tuntunan agama. Tentrem kali ya ? Pasti silaturrahim jalan, saling mengasihi, ujung-ujungnya kan jadi "baldatun thoyyibatun warabbun ghafuur". Eta tah, tapi hese...

iwan said...

Sebenernya yang patut disyukuri adalah, kita punya kesempatan pergi ke sana-sana itu. Jadi kita bisa secara langsung bendingkan dengan negara kita. itu juga rachmat dari Allah, menurut saya. Tapi mana gambar yang dimaksud ya?

Herli Salim said...

Kering yg ada di Ozi ini murni kering spiritual, ga ada sentuhan agama, makanya mereka juga masih mencari aturan yg bagimana yg bisa membuat anak hormat dan patuh pada orang tua,ada hukum federal tp malah menciptakan anak yg kurang ajar pd orang tua. Anak sedikit dikerasin sama orang tua, eh, malah si anak ngadu sama polisi, orang tua bisa dipanggil sidang di pengadilan yg berujung sedikitnya denda, paling tinggi penjara, itu yg dimaksud dgn kering. Hukum disini mihak banget sama kaum wanita, bila terjadi perceraian maka pihak wanita yg mewarisi semua harta, suami angkat koper. Kasus yg makin marak adalah suami bunuh itu anak atau istri, atau rumah itu dibakar. Orang sini udah ga takut lagi sama Tuhan atau malu berbuat dosa. Karena agama sudah tidak ada lagi di hati mereka yg ada hukum buatan manusia. Jika buatan manusia ya efeknya juga hanya manusiawi tidak Illahi. Terbayang bila yg diterapkan itu hukum yg ada jiwa Illahi maka akan ada kekuatan Illahi di dalamnya, sehingga jiwa yg mengamalkan hukum ini tidak kering. Orang Ozi sini lebih takut sama polisi (bisa berorotan uang krn didenda) drpd sama Tuhan. Tuhan sering mereka hujat kalau mereka swearing " God damn". Yg ad di kepala mereka adalah melulu masalah sek, coba aja lihat di film, bila mereka swearing juga banyak " f..." words yg keluar... Ga pernah nama Tuhan mereka disebut. Kembali ke masalah ketertiban dlm bernegara itu memang penting, tapi tertibnya janganlah kaku atau ada unsur militerisme di sana. Mesti tunduk bukan karena takut tapi karena paham dan hatinya emang mengakui hal itu. Ada contohnya tentang hal ini? Ada tapi bukan yg ideal, misalnya Iran. Negara ini dipacu sangat cepat kemajuan ilmu, pertahanan, ekonomi, penelitian, dst. Sehingga negara sekelas Amerika dibuat keder...apalagi sudah mengacam bahwa Israel itu harus dihapuskan dari peta Timeng. Nah gimana ? Kan jadi seru tuh. Untuk supaya tercapai tertib dlm kehidupan bernegara, mari mulai kita ubah dulu yg enteng2 dari diri kita, sekarang juga, dan jangan ditunda-tunda. Gimana ?

Herli Salim said...

Jumlah penduduk bukan masalah dan tidak bisa terus-terusan dijadikan'excuse', penduduk Ozi emang sedikit 22 juta, tapi coba tengok resourcesnya buat negakan hukum:polisi dan tentara saja ada kl 2 juta orang. Berarti hampir 10 % dari jumlah penduduk. Rationya adalah 1 petugas berbanding 120.000 orang plus dibantu alat yg canggih (speed camera,CCV,monitors,tear gas, electric shock guns, etc). Kita ? polisi dan tentara kl 800 ribuan, penduduk Indo 240 juta,berarti kl 0,75 %. Dengan kata lain petugas di Indo akan kerepotan banget dalam menertibkan penegakan hukum, rationya adalah 1 petugas berbadning 3 juta orang, hah ? Bagaimana mungkin ? Peralatan apakah memadai ? Yang ada otot, maka lihatlah fenomena polisi bentrok sama demonstran, mereka ga cukup alat buat kendalikan massa. Karena tidak ada alat dan yg ada otot ya akhirnya berkelahi sama demonstran, atau tembaki aja... supaya laju demonstran itu tertahan. Contoh kasus Semanggi dan Tanjungpriok. Ini baru satu sektor saja. Belum sektor yang lain....Jadi tentunya mesti lain ngurusi anak yang sedikit dengan anak yang banyak. Bila dianalogikan sebagai suatu keluarga ngurus 2 anak dibandingkan dengan ngurus 24 orang, pasti dan mesti butuh 'resources' yg mencukupi. Nah inilah yang menurutku 'resoucer-nya' yg belum mencukupi. 'Recources' disini mohon dibaca sebagai fisik dan non fisik- baik biaya/perangkat aturan. Tapi aku yakin bila Indo tercinta itu terus konsisten dlm meembangun masa depannya, suatu saat nanti (paling tidak 2 generasilah) negara yg aman tentrem mudah-mudahan tercipta. Mungkin kita ga nikmati tp anak cucu kita akan menikmati hasil kerja kita (generasi sebelumnya)
Ini ada info( dari koran The Age - lihat di bawah) yg masih gres betapa sendi keluarga Ozi itu keropos. Saya yakin penyebabnya ini karena tidak ada 'aturan yg
berasal dari Yang Maha Tahu' Allah yg membuat manusia...Ya Allah juga Yang Maha Tahu bagaimana memelihara dan menumbuhkan manusia itu. Wong Dia yg membuatnya,ko... tul tidak? Subhanallah....
(wah infonya ga bisa di copy, maaf)

Herli Salim said...

Iya tuh bener Iwan...gambar disamping (foto maksudnya) tapi ga ada tuh... Jadi mana itu fotonya ? Ayo posting aja lagi dgn foto-nya.
Sabar...kamana bae ... cepet nimbrung. Punya no hp Elpin? Putra Mang Aang kan kuliahnya di UGM, tar disuruh menemui. Elpin masih di Yogya?

Shinkansen said...

Mang Aang...., Teteh (Elvina alias Elphin) udah nggak di Yogya kok. Di Yogya dulu ngambil master dan sudah selesai tahun (lupa deh..). Saat ini sudah di Malang. Kalo mau tlp Teteh, ini nomornya:
1. Rumah : 0341-368-428
2. HP: 08883300726

Herli Salim said...

Wuih eta anu lagi mejeng...sapa sangka Urang Kertasari, eta mah ' Engko Apuy', mani siga cukong kitu geuning, maklum bos Kalbe Farma. Mani beuruem euceuy kitu. " Liat anak orang lain jadi ingat anak sendiri, liat istri orang lain jadi ...lupa istri sendiri... " Ga ko...canda doang.
Salam

Anonymous said...

madonna cd singles [url=http://loveepicentre.com/]totally free adult personals[/url] va personals http://loveepicentre.com/ singles events in boston

Anonymous said...

medical anal speculum [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/cholesterol.htm]cholesterol[/url] urinary stones in schnauzers http://usadrugstoretoday.com/products/mentat.htm bowel movements atkins diet http://usadrugstoretoday.com/products/vitamin-a-and-d.htm
downs syndrome education [url=http://usadrugstoretoday.com/catalogue/b.htm]Online Drugstore[/url] side efffects of green tea pills [url=http://usadrugstoretoday.com/all-products.htm]what is the heart pulse[/url]

Anonymous said...

supervalue pharmacy [url=http://usadrugstoretoday.com/products/levlen.htm]levlen[/url] farm medicine http://usadrugstoretoday.com/products/ed-discount-pack-2.htm drive by personal computer infections http://usadrugstoretoday.com/categories/de-la-salud-de-la-mujer.htm
washington manual of medical therapeutics [url=http://usadrugstoretoday.com/products/procalisx.htm]procalisx[/url] new hope medical [url=http://usadrugstoretoday.com/products/pravachol.htm]buy natural balance calcium balance[/url]

Anonymous said...

south beach diet sample menu htm [url=http://usadrugstoretoday.com/products/nolvadex.htm]nolvadex[/url] health benefit of relationship http://usadrugstoretoday.com/products/evista.htm dover behavioral health center http://usadrugstoretoday.com/products/hydrea.htm
people who live in squalor andf mental health [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/disfunzione-erettile.htm]disfunzione erettile[/url] icd 9 code operative report control of diabetes [url=http://usadrugstoretoday.com/products/zerit.htm]online support heart disease[/url]

Anonymous said...

http://rxmeds.in/depressive
[url=http://rxmeds.in/abilify/abilify-and-sexual-activity]drugs for heartburn[/url] bad drug facts [url=http://rxmeds.in/altace/altace-sideeffects]altace sideeffects[/url]
acculturation a cause of the use of illegal drugs among teens http://rxmeds.in/yohimbe/yohimbe-and-fat-loss
[url=http://rxmeds.in/zantac/reglan-prilosec-zantac]johnny winter drug problem[/url] top 10 drug rehabilatation centers [url=http://rxmeds.in/crestor/vytorin-versus-crestor]vytorin versus crestor[/url]
lecom pharmacy http://rxmeds.in/aldactone/aldactone-side-effects
[url=http://rxmeds.in/allegra/decongestant-allegra-d]law digital scale drug paraphanalie[/url] cialis dysfunction erection levitra [url=http://rxmeds.in/acomplia/generic-acomplia-sanofi-aventis]generic acomplia sanofi aventis[/url] internet drug sales [url=http://rxmeds.in/acidity/wine-acidity-test-protocol]wine acidity test protocol[/url]

Anonymous said...

medicine hat population [url=http://usadrugstoretoday.com/products/indocin.htm]indocin[/url] blood when blowing nose http://usadrugstoretoday.com/catalogue/1.htm second degree strained muscle http://usadrugstoretoday.com/products/pro-erex.htm
recipe for blood orange sorbet [url=http://usadrugstoretoday.com/products/zyban.htm]zyban[/url] cause of enlarged heart [url=http://usadrugstoretoday.com/products/revia.htm]proliferative diabetic retinopathy in category[/url]

Anonymous said...

health insurance new student york [url=http://usadrugstoretoday.com/products/ditropan.htm]ditropan[/url] dental and post http://usadrugstoretoday.com/products/requip.htm dog calming medicine http://usadrugstoretoday.com/index.php?lng=en&cv=us
elevated red blood cells [url=http://usadrugstoretoday.com/products/himplasia.htm]himplasia[/url] diet meat [url=http://usadrugstoretoday.com/products/symmetrel.htm]marriage depression[/url]

Anonymous said...

http://healthboard.in/diclofenac/diclofenac-adverse-effects
[url=http://healthboard.in/cozaar/cozaar-50mg]drug free workplace naproxyn[/url] reporting suspected drug dealers in west virginia [url=http://healthboard.in/diabetic/free-liberty-diabetic-supplies]free liberty diabetic supplies[/url]
levitra pah http://healthboard.in/colchicine/colchicine-not-always-cause-diarrhea
[url=http://healthboard.in/diabetic/where-can-i-get-help-with-paying-for-diabetic-medicationm]where can i buy a drug recognition expert manual[/url] how to buy drugs online [url=http://healthboard.in/depressive/depressive-wallpaper]depressive wallpaper[/url]
unnecessary drugs in service http://healthboard.in/bupropion/bupropion-during-pregnancy
[url=http://healthboard.in/cyproheptadine/cyproheptadine-contain-codeine]what are the side effects of the drug benicar[/url] prescription erectile dysfunction [url=http://healthboard.in/buspar/buspar-generic]buspar generic[/url] cialis and woman [url=http://healthboard.in/clomipramine]clomipramine[/url]

Anonymous said...

http://xws.in/doxazosin/doxazosin-solubility-alcohol-water
[url=http://xws.in/altace/definition-altace]how long do drugs stay in urine[/url] best buy drugs [url=http://xws.in/accutane/acne-accutane]acne accutane[/url]
should you be taking cialis when you are taking flomax http://xws.in/aceon/acetazolamide-250-mg
[url=http://xws.in/disulfiram/disulfiram-alchoholics]drug arrest chris short[/url] calcium channel blocking drugs [url=http://xws.in/amiodarone]amiodarone[/url]
buying cialis online http://xws.in/ditropan
[url=http://xws.in/echinacea/echinacea-and-bacterial-vaginosis]brother drugs his sister[/url] kinney drugstore in store products [url=http://xws.in/adalat]adalat[/url] jvc pharmacy [url=http://xws.in/aldactone/aldactone-breast-pain]aldactone breast pain[/url]

Anonymous said...

volkswagen lease ppurchase http://automotoportal.in/lexus/lexus-board use of robots in automobile assembly
[url=http://automotoportal.in/seat-car/one-seat-helicopters]custom dodge minivan[/url] js auto target top irus [url=http://automotoportal.in/ktm/ktm-accessories]ktm accessories[/url]
volkswagen golf r32 http://automotoportal.in/plymouth/plymouth-prowler-lens
[url=http://automotoportal.in/mitsubishi/mitsubishi-in-singapore]automobile accidents on route 21[/url] auto tire dolly [url=http://automotoportal.in/scooter/magster-scooter]magster scooter[/url]
equinox automobile http://automotoportal.in/martin/photos-dbs-aston-martin
[url=http://automotoportal.in/skoda]volkswagen jetta transmission[/url] used volkswagen beetle [url=http://automotoportal.in/racing/ron-paul-racing]ron paul racing[/url]

Anonymous said...

walker auto sales vandalia http://eautoportal.in/dodge volkswagen taureg trailer hitch
[url=http://eautoportal.in/hummer/hummer-h2-dealers]volkswagen golf hybrid[/url] mercedes kompressor [url=http://eautoportal.in/jeep/jeep-liberty-trailer-wiring-harness]jeep liberty trailer wiring harness[/url]
swag detroit auto show http://eautoportal.in/isuzu/isuzu-4ze1-engine-manual
[url=http://eautoportal.in/bmw-car/bmw-floor-mats]automobile stats[/url] used auto dealers in williamstown new jersey [url=http://eautoportal.in/eagle/eagle-claw-fishing-tackle]eagle claw fishing tackle[/url]
install mercedes brake sensors http://eautoportal.in/hyundai/comsumer-guide-on-the-2003-hyundai-tiburon-coupe-2d
[url=http://eautoportal.in/automobils]diesel volkswagen 70 mpg[/url] mercedes e300 transmission fluid capacity [url=http://eautoportal.in/hummer]hummer[/url]

Anonymous said...

absolute right to travel http://wikitravel.in/plane-tickets/cheap-plane-tickets-to-australia sheer cover foundation travel brush
[url=http://wikitravel.in/expedia/boletos-de-avion-tarifas-expedia]travel between tokyo and taipei[/url] crosscountry travel nursing [url=http://wikitravel.in/flight/kinshasa-to-madrid-flight]kinshasa to madrid flight[/url]
child support travel expense http://wikitravel.in/disneyland/disneyland-california-tickets-group-discount
[url=http://wikitravel.in/vacation-packages/canadian-rockies-vacation-packages-train]deals travel[/url] yahoo travel coupon code [url=http://wikitravel.in/inn/canton-city-inn]canton city inn[/url]
travel in germany http://wikitravel.in/tours/hawaii-racing-tours international travel innocuations [url=http://wikitravel.in/travel/regal-travel]regal travel[/url]

Anonymous said...

jessica simpson henri shoes http://topcitystyle.com/dolce-amp-gabbana-stretch-jeans-brand2.html womens shoes with bow ties [url=http://topcitystyle.com/a-m-n-maness-national-close-fitting-pants-for--item1238.html]elmar window fashions philadelphia pa[/url] wholesale baby clothes
http://topcitystyle.com/roberto-cavalli-women-zip-jacket-orange-white-item1713.html training shoes uk [url=http://topcitystyle.com/men-shoes-type1.html]mens fashion[/url]

Anonymous said...

blueprint designers http://topcitystyle.com/xs-clubbing-size46.html cheap keen shoes [url=http://topcitystyle.com/vae-victis-classic-brand47.html]gucci wallets[/url] deer stage shoes on tv infomerical
http://topcitystyle.com/ed-hardy-shoes-brand39.html how to wear fashion head wrap scarf [url=http://topcitystyle.com/men-page10.html]risque fashionerotic lingerie[/url]

Anonymous said...

what are some innovative adult education program http://planetofporn.in/girl-anal/cure-for-anal-warts
[url=http://planetofporn.in/oral/oral-birth-control-and-weight-gain]how to express anal glands[/url] free lesbian porn mature [url=http://planetofporn.in/adult-xxx/adult-pants-pissing]adult pants pissing[/url]
porn sylvia saint http://planetofporn.in/free-adult/adult-video-download-censored-naughty-tales
[url=http://planetofporn.in/adult-porn/adult-learning-in-the-social-context-jarvis]hentai sex taxi[/url] adult foster family caregivers [url=http://planetofporn.in/erotic-stories/gay-erotic-drawings]gay erotic drawings[/url]
hentai sex games adult http://planetofporn.in/best-amateur/amateur-free-sex-chat-video
[url=http://planetofporn.in/erotic-gay/erotic-spank-fchat]cristy canyon porn[/url] santa claus letter for adult [url=http://planetofporn.in/bdsm/bdsm-andernach]bdsm andernach[/url]
sexy girl fights http://planetofporn.in/fetish/tar-and-feather-fetish
[url=http://planetofporn.in/teen-ass/black-titties-and-ass]michigan adult escort servive[/url] adult weightloss camps [url=http://planetofporn.in/ass-sex/black-and-latino-nude-ass-fucking-teens]black and latino nude ass fucking teens[/url]

Anonymous said...

free threesome movie galleries [url=http://full-length-movies.com/dvd-quality-movie-license-to-wed/20930database/]License to Wed[/url] i get knocked off network when watching a movie [url=http://worldmovs.co.cc/full_version-bee-movie/18450database/]Bee Movie[/url]
hentai red hair footjob movie [url=http://worldmovs.co.cc/full_version-hey-is-deedee-home/19066database/]Hey Is DeeDee Home[/url] shanghai noon movie [url=http://full-length-movies.com/dvd-quality-movie-varning-f--r-j--nssonligan/46database/]Varning F?¶r J?¶nssonligan[/url]
marshall 1970 movie [url=http://worldmovs.co.cc/full_version-noahs-ark/9444database/]Noahs Ark[/url] movie rating for shes the man [url=http://worldmovs.co.cc/full_version-braveheart/718database/]Braveheart[/url]
new kid movie releases [url=http://worldmovs.co.cc/full_version-the-outlaw-josey-wales/10747database/]The Outlaw Josey Wales[/url] windows movie player [url=http://worldmovs.co.cc/full_version-faust--f-w-murnau-/5976database/]Faust (F W Murnau)[/url]

Anonymous said...

dress designers http://luxefashion.us/38-roberto-cavalli-size24.html bathing ape shoes [url=http://luxefashion.us/women-leggings-pants-type-type3.html]ancient sparta clothes[/url] foster parents in laurens county dfcs
http://luxefashion.us/light-grey-color160.html giada de laurentiis pictures [url=http://luxefashion.us/black-leopard-print-roberto-cavalli-color41.html]fashion companies pennsylvania[/url]

Anonymous said...

river regional medical 2100 highway 61 [url=http://usadrugstoretoday.com/products/purinethol.htm]purinethol[/url] sparrow health systems okemos http://usadrugstoretoday.com/categories/antidepressivum---anti-angst.htm
side effects for drug celexa [url=http://usadrugstoretoday.com/products/tegretol.htm]tegretol[/url] massachusetts dental low income community [url=http://usadrugstoretoday.com/products/lozol.htm ]canadian medical association journal [/url] dog lick health danger child stop
mouth gum color [url=http://usadrugstoretoday.com/products/anafranil.htm]anafranil[/url] food and drug safety during the progressive era http://usadrugstoretoday.com/categories/sleeping-aid.htm
where are drugs metaboized [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/antibiotika.htm]antibiotika[/url] miami valley medical college dayton ohio [url=http://usadrugstoretoday.com/products/dulcolax.htm ]paid health coverage for school board members [/url] carday associates health insurance

Anonymous said...

ky testing medical exemption form [url=http://usadrugstoretoday.com/products/finpecia.htm]finpecia[/url] equine medical services http://usadrugstoretoday.com/products/baclofen.htm
progestogen pills [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/general-health.htm]general health[/url] what information on treatments for valvular heart diseases [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/antidepressivo---anti-ansia.htm ]who carries fortnum mason tea [/url] depression natural treatment
prescription diet med [url=http://usadrugstoretoday.com/products/fluoxetine.htm]fluoxetine[/url] medical delivery software http://usadrugstoretoday.com/products/purinethol.htm
psychiatric drugs that impact norepinephrine [url=http://usadrugstoretoday.com/products/aciclovir.htm]aciclovir[/url] quick orgasm ladies [url=http://usadrugstoretoday.com/products/levothroid.htm ]clomid dosage [/url] cuaifen medicine

Anonymous said...

smoke quit advice [url=http://usadrugstoretoday.com/products/augmentin.htm]augmentin[/url] bodybuilding one on one http://usadrugstoretoday.com/products/brand-viagra.htm
health education activies [url=http://usadrugstoretoday.com/products/extreme-thyrocin.htm]extreme thyrocin[/url] medical coding cpc [url=http://usadrugstoretoday.com/products/tretinoin-cream-0-05-.htm ]problems with goverment controlled health care [/url] a pill to increase a woman sexual appitie
rick griffin sacred heart [url=http://usadrugstoretoday.com/products/purim.htm]purim[/url] biacin drug dosage http://usadrugstoretoday.com/products/brand-viagra.htm
trouble shoot prelit artifical christmas tree [url=http://usadrugstoretoday.com/products/generic-motrin.htm]generic motrin[/url] transfer address bank medical money [url=http://usadrugstoretoday.com/catalogue/k.htm ]sleeping for free in hawaii [/url] what fast food restaurant is the worst for your health

Anonymous said...

french teen fashion designs http://luxefashion.us/ed-hardy-funky-polo-shirt-decorated-with--item2044.html anne klein jeans [url=http://luxefashion.us/l-jeans-cut-pants-size7.html]new york clothes[/url] wonder fold clothes
http://luxefashion.us/black-gold-men-color204.html rhinestones for shoes [url=http://luxefashion.us/a-style-t-shirts-for-men-brand91.html]discount formal shoes[/url]

Anonymous said...

lauren struble http://luxefashion.us/red-white-color120.html mango clothes [url=http://luxefashion.us/grey-white-black-men-color110.html]autocad designers tennessee[/url] funny baby clothes
http://luxefashion.us/byblos-casual-jacket-for-women-white-item2507.html timberland shoes [url=http://luxefashion.us/35-on-sale-size30.html]clothes free news[/url]

Anonymous said...

old fashioned dress shirts http://topcitystyle.com/sweet-years-men-brand50.html lauren zamerilla [url=http://topcitystyle.com/armani-long-sleeve-tops-brand8.html]diabetic shoes products[/url] clothes color match
http://topcitystyle.com/white-blue-gray-men-color90.html gardiner fashion [url=http://topcitystyle.com/cream-navy-blue-on-sale-color162.html]gucci sunglass frames[/url]

Anonymous said...

http://xpv.in/doxycycline/doxycycline-uk
[url=http://xpv.in/rabeprazole/amlopidine-rabeprazole-interaction]pct patent viagra[/url] baptist family medicine [url=http://xpv.in/celecoxib/celecoxib-pharmacology-toxicity]celecoxib pharmacology toxicity[/url]
choicepoint drug screening http://xpv.in/quetiapine/what-is-quetiapine-used-for
[url=http://xpv.in/celecoxib/celebrex-celecoxib-http-wwwworldofmoleculescom-drugs]bio identical drugs[/url] arc drug rehab san antonio tx [url=http://xpv.in/doxycycline/doxycycline-hyclate-and-monohydrate]doxycycline hyclate and monohydrate[/url]
extended release pain medicine options http://xpv.in/amoxil/amoxil-chewable-tablet
[url=http://xpv.in/altace/altace-normal-dosage]stigma associated with drug addiction report of a language audit[/url] cpt code 99605 pharmacy service [url=http://xpv.in/amitriptyline/manufacturer-of-amitriptyline]manufacturer of amitriptyline[/url] the most dangerous drug [url=http://xpv.in/anastrozole/semologie-hadji-anastrozole-anastrazole-ai]semologie hadji anastrozole anastrazole ai[/url]

Anonymous said...

lottery and stories http://wqm.in/keno_tas-keno-results shark playing cards
[url=http://wqm.in/online-casinos_casinos-near-harrisburg-pa]florida lottery subscriptions[/url] san juan casino age casino floor [url=http://wqm.in/slot_slot-car-custom-painted]slot car custom painted[/url]
excalbur casino http://wqm.in/blackjack_memory-cards-samsung-blackjack
[url=http://wqm.in/online-casino_garden-city-casino-sucks]rogue river lottery permits[/url] baccarat animal figurine [url=http://wqm.in/lottery_wheel-4-numbers-lottery-systems]wheel 4 numbers lottery systems[/url]
colege football gambling trends http://wqm.in/keno_gambling-online-play-keno-online map of casinos in las vegas [url=http://wqm.in/online-casinos_free-cash-casinos-no-deposit-required]free cash casinos no deposit required[/url]

Anonymous said...

lifetime movie just breath [url=http://moviestrawberry.com/films/film_tombstone/]tombstone[/url] movie theater newport vermont http://moviestrawberry.com/films/film_the_last_time_i_saw_paris/ ebony interracial movie
papillon movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_officer_duck/]officer duck[/url] movie plane dead http://moviestrawberry.com/easy-downloads/letter_T/?page=7 reichtag 911 movie
movie extras [url=http://moviestrawberry.com/films/film_russian_rhapsody/]russian rhapsody[/url] behind the green door movie download
movie download of rocky bal boy 2006 [url=http://moviestrawberry.com/films/film_there_s_no_business_like_show_business/]there s no business like show business[/url] movie purpose soundtrack http://moviestrawberry.com/films/film_20_years_after/ border town movie
filmstream movie not found [url=http://moviestrawberry.com/films/film_alice_in_wonderland_70/]alice in wonderland 70[/url] movie theaters in long island http://moviestrawberry.com/films/film_the_lord_of_the_rings/ corporate movie drink launches by mehta group

Anonymous said...

movie big piano [url=http://moviestrawberry.com/films/film_jump_/]jump [/url] fatal contact bird flu movie http://moviestrawberry.com/films/film_what_becomes_of_the_broken_hearted/ movie review the game plan
pantyhose fucked free movie frog [url=http://moviestrawberry.com/films/film_young_sherlock_holmes/]young sherlock holmes[/url] superbad movie review http://moviestrawberry.com/films/film_big_stan/ shah rukh khan movie crowd need in usa
crucible movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_an_ideal_husband/]an ideal husband[/url] download transformer s movie
movie theaters north myrtle beach [url=http://moviestrawberry.com/films/film_anthony_bourdain_no_reservations/]anthony bourdain no reservations[/url] the family stone movie http://moviestrawberry.com/films/film_fiend_without_a_face/ watchbleach movie
movie theatre on bel air road in baltimore [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_breastford_wives/]the breastford wives[/url] john williams movie score http://moviestrawberry.com/films/film_stuck_on_you/ shawn william scott latest movie

Anonymous said...

everyone has had more sex than me flash movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_cotton_club/]the cotton club[/url] movie summaries the patriot http://moviestrawberry.com/films/film_land_of_the_lost/ canada 17pm cankers esq horrible movie ottawa search
michele miriello cinema movie production [url=http://moviestrawberry.com/films/film_shallow_hal/]shallow hal[/url] mr bean movie http://moviestrawberry.com/films/film_brian_regan_i_walked_on_the_moon/ exorcist the movie
mortal kombat 3 movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_when_a_man_loves_a_woman/]when a man loves a woman[/url] mark wahlberg starred in which war movie
the little mermaid the movie online for free [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_strange_love_of_martha_ivers/]the strange love of martha ivers[/url] ronin warriors movie http://moviestrawberry.com/films/film_the_contractor/ nyc movie theaters
about the movie crash [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_art_of_skiing/]the art of skiing[/url] owensboro movie theators http://moviestrawberry.com/films/film_baja_beach_bums/ best movie shareware sites

Anonymous said...

watch school of rock movie online [url=http://moviestrawberry.com/films/film_t_force/]t force[/url] what do you do at a drive in movie no shopping http://moviestrawberry.com/films/film_hot_fuzz/ walmart movie rental
ice age movie soundtrack [url=http://moviestrawberry.com/films/film_ghosts_of_goldfield/]ghosts of goldfield[/url] what is important in a movie http://moviestrawberry.com/films/film_hider_in_the_house/ blackzilla movie clips
define movie producer [url=http://moviestrawberry.com/films/film_louis_c_k_shameless/]louis c k shameless[/url] mature mom movie gallery
movie rating children [url=http://moviestrawberry.com/films/film_silent_warnings/]silent warnings[/url] love thy neighbour movie and blog http://moviestrawberry.com/hqmoviesbygenres/download-genre_action-movies/?page=26 free indian movie download
the piano movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_30_days_of_night/]30 days of night[/url] movie about a high school kid who helps other students http://moviestrawberry.com/films/film_a_symposium_on_popular_songs/ dora movie